Thursday, March 5, 2009

What's Anime?

Apa itu anime...?

Kalo ditanya kayak gitu banyak orang yang bingung dan jawabnya salah. Tapi anime itu apa sebenarnya? Selama ini kita hanya melihat anime saja di televisi tanpa kita tahu artinya sebenarnya. Sulit memang untuk menjelaskannya bila kita tidak mengetahuinya dengan baik.

Anime adalah kata Jepang yang berasal dari serapan kata bahasa Inggris "animation". Anime beasal dari 3 huruf katakana, yaitu a-ni-me. Anime adalah anime Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Orang yang membuat anime disebit animator.

Tapi banyak orang yang mengatakan anime adalh kartun padahal sebenarnya berbeda. Anime itu adalah hasil animasi Jepang, sedangkan Kartun, seperti yang kita tahu, beraliran barat. Dimana kalau kartun warna karakter kebanyakan satuan (dalam arti tidak ada shadingan) dan bentuk karakter kebanyakan bukan manusia, lebih difokuskan kepada binatang.

Anime yang ada di Jepang biasanya berasal dulu dari manga yang diterbitkan pada majalah komik (Shounen) sebelum dijadikan manga tankoubon. Manga tankoubon (tan-ko-u-bon) adalah manga yang dalam 1 buku terdapat 1 cerita saja, misalnya manga Naruto. Bila nanti banyak orang yang berminat atau suka pada manga itu maka manga itu akan dibuat versi animenya. Terkadang cerita dalam anime berbeda dengan manganya karena untuk penyesuaian jalan cerita.

Bila anime itu bagus, biasanya ada perusahaan film yang mau membuat versi live actionnya. Misalnya saja anime Death Note, Detective School Q, Detective Conan, sampai Dragon Ball juga ada versi live actionnya.



Tentang MANGA...

Ngomongin tentang manga, yang paling teringat pertama mungkin adalah komik Jepang. Manga memang komik buatan Jepang. Tapi manga sendiri ada beberapa jenis. Jadi kita sebagai otaku, juga harus bisa membedakannya.

Manga(baca: man-ga atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang. Sedangkan bila di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Orang yang menggambar manga/komik disebut mangaka.

Jenis manga..

1. Berdasarkan jenis pembaca

  • Manga yang khusus ditujukan untuk anak-anak disebut kodomo
  • Manga yang khusus ditujukan untuk (Wanita) dewasa disebut josei atau redikomi
  • Manga yang khusus ditujukan untuk dewasa (pria) disebut seinen
  • Manga yang khusus ditujukan untuk remaja perempuan disebut shojo
  • Manga yang khusus ditujukan untuk remaja laki-laki disebut shonen

Dua penerbit manga terbesar di Jepang adalah Shogakukan dan Shueinsha.

2. Doujinshi

Doujinshi adalah sebutan bagi manga yang dibuat oleh fans manga tersebut yang memiliki alur cerita atau ending yang berbeda dari manga aslinya. Para fans ini biasa mendistribusikannya dari tangan ke tangan, dijual secara indie di toko doujinshi, atau mengikuti konvensi akbar doujinshi yang biasa disebut Comiket. Disini dijual ribuan judul doujinshi tiap tahunnya. Pengunjungnya bisa mencapai 400.000 orang.

Doujinshi sendiri kadang menjadi batu loncatan seseorang/kelompok untuk menjadi mangaka. Ken Akamatsu (Love Hina, Negima) juga sering membuat dojin karyanya sendiri. Manga yang bertema hentai biasanya adalah dojin dari manga tertentu yang sudah terkenal. Biasanya karakter manga tersebut memang didesain untuk jadi "sasaran" para dojin-ka (sebutan bagi para pembuat dojin, sama seperi manga-ka).